Home » » Hal-hal yang membuat ban motor tidak awet

Hal-hal yang membuat ban motor tidak awet

Ban motor merupakan piranti motor yang terbilang penting di karenakan akan membahayakan bagi pengendara motor jika tidak di rawat dengan benar.Seringkali pemilik ataupun pengendara menyepelekan hal ini.Pada umumnya usia ban motor adalah 1,5 tahun.Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan ban motor tidak awet:


Tekanan Angin

Kalau dulu Anda malas untuk mengecek tekanan angin, sekarang harus lebih rajin. Paling tidak 2 minggu sekali. Tekanan udara sangat penting untuk stabilitas motor saat berjalan. Kalau tidak stabil akan membahayakan pada saat pengereman.

Standar Samping

Ternyata terlalu sering menggunakan standar samping tidak baik untuk ban motor. Sebaiknya gunakan standar tengah untuk mengurangi tekanan pada sisi samping ban. Hal ini untuk meminimalisir ban tidak retak di sisi sampingnya dan agar sokbeker tidak cepat rusak.

Sering Parkir di Tempat yang Panas

Sebisa mungkin hindari memarkir motor di tempat yang terkena matahari langsung. Carilah tempat yang teduh. Bila ban motor terkena sinar matahari (sinar ultra violet) bisa menyebabkan ban mudah rusak.

Jalan Berlubang

Cobalah untuk lebih berhati-hati saat mengendarai motor. Sering menghajar lubang atau menabrak benda keras bisa membuat ban motor Anda sobek dan bocor.

Beban Berat

Apa Anda sering membawa beban berlebih saat mengendarai motor? Bila iya, kurangi muatan Anda saat mengendarai motor. Jangan membebani motor Anda melampaui kapasitas maksimumnya.

Hindari Cairan Kimia

Hindarkan ban dari kemungkinan terkontaminasi cairan kimia yang bisa merusak, seperti oli  dan bensin. Bila ban terkena cairan ini, cepatlah bersihkan dengan air.

Demi keselamatan berkendara, selalu rawat dan kendarai sepeda motor Anda dengan baik dan benar.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger