Home » » Mengenal Kanker Serviks

Mengenal Kanker Serviks

Kali ini saya akan berusaha memberikan informasi tentang kanker serviks , pertama - tama saya akan menjelaskan pengertian dari kanker serviks.
Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. 
Biasanya kanker serviks baru akan menunjukkan gejala serius, setelah 10-20 tahun kedepan pada wanita yang menikah atau aktif secara seksual. Karena pada fase prakanker dan stadium awal, memang tidak menujukkan gejala apapun. Dan juga karena banyak dari pasien kanker serviks baru menyadari dan melakukan pengobatan ketika stadium kankernya sudah akut.Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan saat ini penyakit kanker serviks berada di peringkat teratas dari berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia.


Yang berpotensi terserang penyakit kanker serviks di antaranya adalah pasangan pria dan wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, karena virus ini mudah sekali menjangkiti para pasangan yang aktif berhubungan seksual.


Selain di sebabkan oleh human papilloma virus (HPV) faktor lain yang meningkatkan risiko terkena kanker serviks antara lain:

Merokok. Bahan kimia dari rokok dicatat di aliran darah dan dapat mempengaruhi sel-sel dalam tubuh. Perokok 2 x lebih mungkin dibandingkan non-perokok untuk mengembangkan kanker serviks. Secara khusus, jika Anda merokok dan memiliki infeksi HPV, risikonya lebih besar.

Sistem kekebalan tubuh yang buruk. Misalnya, orang dengan AIDS atau orang yang memakai obat imunosupresan memiliki peningkatan risiko. (Jika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja sepenuhnya maka Anda kurang mampu untuk menangani infeksi HPV dan sel-sel abnormal dan Anda lebih berisiko terkena kanker serviks.)

Ada kemungkinan adanya hubungan antara pil KB kombinasi (COCP) – juga dikenal sebagai pil – dan sedikit peningkatan risiko kanker serviks jika pil diambil selama lebih dari delapan tahun.

 Memiliki banyak anak ( lebih dari 5 anak ) . Pada saat wanita melahirkan secara alami , janin akan melewati serviks dan akan menimbulkan trauma pada serviks , hal ini menyebabkan aktifnya sel kanker.
Semakin sering janin melewati serviks semakin sering akan menimbulkan trauma pada serviks semakin tinggi pula resiko kanker serviks.

Membasuh atau membersihkan daerah genital menggunakan air yang tidak bersih

Menggunakan pembalut yang mengandung bahan dioksin ( bahan pemutih yang di pakai untuk memutihkan pembalut daur ulang )



 Gejala kanker serviks antara lain adalah :

  • Pendarahan di antara periode normal (perdarahan intermenstrual).
  • Perdarahan setelah berhubungan seks (perdarahan postcoital).
  • Setiap perdarahan vagina pada wanita masa menopause.
  • Gejala awal dalam beberapa kasus adalah keputihan yang berbau tidak menyenangkan, atau rasa tidak nyaman atau sakit saat berhubungan seks.



Pencegahan kanker serviks antara lain adalah :

* Bila mungkin, hindari faktor resiko yaitu berganti pasangan seksual lebih dari satu dan berhubungan seks dibawah usia 20 karena secara fisik seluruh organ intim dan yang terkait pada wanita baru matang pada usia 21 tahun.

* Bagi wanita yang aktif secara seksual, atau sudah pernah berhubungan seksual, dianjurkan untuk melakukan tes HPV, Pap Smear, atau tes IVA, untuk mendeteksi keberadaanHuman Papilloma Virus (HPV), yang merupakan biang keladi dari tercetusnya penyakit kanker serviks.

* Bagi wanita yang belum pernah berhubungan seks, atau anak-anak perempuan dan laki-laki yang ingin terbentengi dari serangan virus HPV, bisa menjalani vaksinasi HPV. Vaksin HPV dapat mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18. Dan dapat diberikan mulaidari usia 9-26 tahun, dalam bentuk suntikan sebanyak 3 kali (0-2-6 bulan). Dan biayanya pun terbilang murah.

* Menjaga pola makan seimbang dan bergizi, serta menjalani gaya hidup sehat (berolahraga).





Demikianlah informasi tentang kanker serviks yang dapat saya sampaikan , semoga dapat bermanfaat.



















Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger