Home » » Khasiat susu Unta

Khasiat susu Unta

Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku genap dari genus Camelus (satu berpunuk tunggal - Camelus dromedarius, satu lagi berpunuk ganda - Camelus bactrianus) yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.
Domestikasi unta oleh manusia telah dimulai sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Pemanfaatan unta antara lain untuk diambil susu (yang memiliki nilai nutrisi lebih tinggi dari pada susu sapi) serta dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja. ( wikipedia )

Unta dikenal dengan binatang yang sangat kuat dan tahan terhadap cuaca yang panas..
Hewan yang berasal dari timur tengah ini memiliki keunikan tersendiri.
diantaranya sebagai berikut


1. Tahan lapar dan haus

Salah satu ciri khas unta adalah struktur tubuh yang sangat kuat dan tahan terhadap kondisi lingkungan yang paling ganas sekalipun. Unta mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Mamalia ini dapat melakukan perjalanan jauh dengan beban ratusan kilogram di punggungnya selama berhari-hari.


2. Pengguna air yang efisien

Dalam waktu sekitar 10 menit, unta mampu meminum air hingga 130 liter, jumlah yang kurang lebih setara dengan sepertiga berat tubuhnya. Di samping itu, unta memiliki struktur berlendir dalam hidungnya dengan ukuran 100 kali lebih besar dari yang ada pada manusia. Hal ini memungkinkan unta mendapatkan 66% uap air yang terkandung dalam udara.

3. Pemanfaatan hasil metabolisme dengan sangat baik

Sebagian besar binatang akan mati keracunan ketika urea yang terakumulasi dalam ginjal mereka berdifusi ke dalam darah. Akan tetapi unta mampu memaksimalkan penggunaan air dan zat-zat makanan dengan cara mengalirkan urea berulang-ulang ke liver. Struktur darah dan sel unta sangatlah unik dan khas sehingga binatang ini mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama tanpa air di padang pasir.


4. Perlindungan yang baik terhadap tornado dan badai

Mata unta memiliki bulu mata yang tersusun menjadi dua lapisan. Lapisan bulu mata ini membentuk sebuah perangkap yang mampu melindungi mata unta dari badai pasir yang ganas. Di samping itu, unta dapat menutup hidungnya sehingga mencegah masuknya pasir ke dalam hidung.


5. Perlindungan terhadap panas dan dingin

Rambut tebal yang menutupi tubuh unta mampu melindungi kulit onta dari terpaan sinar matahari yang panas membakar. Sebaliknya, pada cuaca yang amat dingin rambut ini mampu menjaga tubuh onta agar tetap hangat. Unta padang pasir tidak begitu terpengaruh oleh temperatur yang mencapai 50°C. Sebaliknya, unta Bactrian yang berpunuk ganda mampu bertahan hidup pada suhu -50°C. Unta jenis ini dapat hidup di ketinggian 4000 meter di atas permukaan laut.


6. Telapak kaki yang tahan panas

Telapak kaki unta memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran dan panjang kakinya. Kaki ini dirancang secara khusus dan sengaja diciptakan dengan ukuran besar untuk membantu berjalan di atas padang pasir dengan mudah tanpa terperosok. Telapak kaki ini memiliki bentuk melebar dan menggembung. Selain itu, kulit yang tebal pada telapak tersebut merupakan bentuk perlindungan terhadap pasir gurun yang panas membakar.

7. Bibir yang Kuat

 unta memiliki bibir yang sangat kuat seperti karet yang menjadikannya mudah untuk memakan duri.


 Di samping memiliki 7 keunikan , unta juga menghasilkan susu yang berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

Sejumlah peneliti di Arab melakukan penelitian tentang kandungan zat dalam susu unta dan air seni unta , yang dipercaya dapat menyembuhkan sejumlah penyakit.
Hasil penelitian mutakhir oleh Dr Abdulrahman Al-Qassas, seorang peneliti di Universitas Ummul Qura, Mekkah bahwa ia telah membuktikan bahwa air seni dan susu unta dapat menyembuhkan sejumlah penyakit diantaranya hepatitis, penyakit gula (diabetes) dan penyakit kulit, paparnya di hadapan forum mahasiswa tingkat empat seperti dikutip media setempat.

Menurut Dr Abdulrahman Al-Qassas, pengobatan dengan sarana air seni dan susu unta tergantung dari keadaanatau kondisi pasien. Ada pasien yang hanya memerlukan air seni dan ada pasien yang cukup dengan susu onta saja. Sebagian pasien perlu mendapat pengobatan dengan mencampur susu dan air seni onta.
Al-Qassas juga, menyebutkan beberapa penyakit perut lainnya yang dapat disembuhkan dengan air kencing hewan unta tersebut.

Selain itu salah seorang peneliti bernama Daniel H. Rasolt (2009) menyatakan bahwa berdasarkan penelitian di Bikaner, India, bahwa susu unta mengandung kadar insulin yang cukup untuk membantu mencegah dan mengobati diabetes. Baik Diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Susu unta mengandung 52 unit insulin per liter, yaitu lebih dari 60% dari rata-rata kebutuhan insulin eksternal untuk penderita diabetes tipe 1.
Penelitian lebih lanjut pada komunitas Raica menunjukkan bahwa konsumsi susu unta dapat menurunkan secara signifikan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1 dan 2. Penelitian ini dilakukan selama 2 tahun pengamatan. Selain itu, susu unta juga rendah kolesterol dan tinggi akan mineral alami dibandingkan susu sapi. Penelitian lain menunjukkan susu unta dapat mencegah tuberculosis (TBC).

Zat - zat yang terkandung di dalam susu unta :

1.Zat Besi, Seperti diketahui bahwa zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel sehingga zat besi menjadikan tubuh lebih bertenaga,tidak mudah capek apalagi loyo. jadi zat besi tidak hanya banyak terdapat dalam sayur-sayuran hijau semisal bayam tetapi juga sangat banyak terkandung dalam susu unta.
2.Potasium, Tubuh kita memerlukan potasium untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi, sehingga apabila kekurangan potasium tubuh akan terasa letih dan secara psikis emosi gampang tersulut. biasanya potasium banyak terdapat pada buah dan sayuran, seperti pisang, kentang panggang, bayam, apel, kacang edamme, jeruk dan salmon. tetapi sekali lagi jumlah potasium susu unta lebih tinggi per 100 ml nya.
3. Mineral-mineral, susu unta mengandung banyak mineral-mineral yang penting bagi tubuh kita, seperti kalsium, seng, zat besi, garam mineral, dll mineral ini didapat dari dalam tanah yang diserap oleh tanaman-tanaman yang pada akhirnya dikonsumsi oleh unta.
Selain zat-zat gizi yang telah disebutkan diatas susu unta merupakan sumber protein yang berlimpah dan mampu menghindarkan dari potensi bahaya gangguan mikroba dalam tubuh. Sebagian protein itu, tidak dapat ditemukan pada susu sapi, atau, ditemukan hanya sedikit. Selain itu kandungan lemak pada susu unta lebih rendah dari pada lemak yang terdapat pada susu sapi dan kambing dalam takaran yang sama.






Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger