Home » » Sejarah Rasi Bintang

Sejarah Rasi Bintang

Daripada saya begadang ga ada gunanya mendingan saya begadang sembari nulis artikel,Kali ini saya akan berusaha menjelaskan tentang sejarah andanya Rasi Bintang.
Saya rasa sudah cukup basa-basinya,langsung aja di baca informasinya:


Rasi bintang memang khayalan manusia saat melihat bintang bertaburan di langit. Manusia berkhayal bintang-bintang berbentuk beruang, kalajengking, dan lain-lain. Khayalan itu sangat menyenangkan dan indah. Bahkan, rasi bintang berguna sebagai penunjuk arah.

Ilmuwan menduga bahwa manusia telah membuat rasi bintang sejak zaman es. Rasi bintang Ursa Major (Beruang Besar) telah menjadi legenda di Alaska dan Siberia. Padahal, kalian pasti tahu, penduduk Alaska dan Siberia adalah penduduk terpencil sejak zaman dahulu.

Di akhir zaman es atau 14.000 tahun yang lalu, orang Mesir Kuno juga punya rasi bintang sendiri. Rasi bintang Mesir Kuno yang terkenal adalah rasi bintang burung Nazar, ular Cobra, Sungai Nil, dan Osiris (Orion). Rasi bintang burung Nazar punya mata bintang Vega yang cemerlang. Orang Mesir juga berkhayal susunan bintang-bintang di langit seperti jenggot Firaun, Sapi, dan Sphinx.

Namun orang Babylonia paling rajin membuat dan mencatat rasi bintang di langit (sekitar 5.600 tahun SM). Bahkan orang Babylonia selalu mencatat kejadian-kejadian di langit dengan teliti (seperti bangsa Maya juga nih). Mereka mencatat gerhana dan gerak bintang. Karena orang Babylonia percaya bintang mempengaruhi nasig manusia. Orang Babylonia-lah juga yang pertama kali membuat sebutan zodiak. Beberapa zodiak yang masih dipakai hingga saat ini antara lain, Sagitarius, Virgo, Gemini, dan Pisces. Ilmu rasi bintang Babylonia lalu diambil bangsa Yunani. Bangsa Yunani menambahkan dongeng dewa-dewa Yunani ke rasi bintang Babylonia.

Orang Cina juga memiliki rasi bintang sendiri sejak zaman kuno. Sayangnya, rasi bintang Cina kurang terkenal. Kini, para astronom memakai rasi bintang modern buatan International Astronomy Union. Rasi bintang modern dilengkapi rasi bintang buatan para pelaut Erope abad 16.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger