Home » » Nafas bau bisa jadi pertanda buruk

Nafas bau bisa jadi pertanda buruk



Sekarang coba letakkan tangan menutupi mulut Anda lalu hembuskan nafas. Apa yang Anda cium? Semoga bukan aroma yang bau-bau amat, kecuali bau bekas pasta gigi atau makanan tadi siang. Bau mulut ternyata bisa mengungkapkan lebih dari sekedar makanan yang baru saja kita makan.

Apakah mulut Anda bau?

Anda tak perlu menjawabnya keras-keras, cukup sadari dalam hati saja. Jika baunya ternyata memang agak kurang sedap, maka biasanya hal ini muncul karena metode perawatan gigi atau kebersihan mulut yang minim. Dalam kasus ini, membenahi cara menyikat dan floss rutin bisa membersihkan mulut secara maksimal dari sisa makanan yang melekat. Mengerik lidah dengan alat khusus juga dianjurkan untuk menghilangkan partikel makanan dan bakteri yang melekat, lalu mouthwash bisa membantu membersihkan keseluruhan mulut.

Namun, jika beberapa langkah di atas tetap tak berhasil, maka bisa jadi ada sesuatu lain yang menjadi penyebab mulut bau. Bisa jadi penyebabnya adalah gigi/ tenggorokan bengkak, sinus atau infeksi pernafasan seperti bronkitis. Selain itu, mulut bau bisa juga jadi sinyal adanya tumor pada kerongkongan saluran esophagus atau perut. Infeksi paru-paru bisa menyebabkan bau mulut yang parah, seperti halnya infeksi amandel.

Lalu, bagaimana dengan 'bau' saat bangun pagi?

Biasanya mulut memang sedikit bau ketika kita bangun saat pagi menjelang. Namun hal ini jelas tak perlu dikhawatirkan karena penyebabnya hanyalah kondisi mulut yang kering (terutama bila Anda tidur dengan keadaan mulut menganga). Mulut kering juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, efek konsumsi obat, atau puasa. Penderita diabetes, anemia, tekanan darah tinggi, dan reumatik juga berpeluang mengalami mulut kering.

Bagaimana jika bau yang khas timbul berulang kali?

Beberapa penyakit dan kondisi memang bisa menjadi penyebabnya. Tiga bau khas yang mungkin bisa jadi petunjuk:

1. Bau 'buah' bisa menjadi indikasi diabetes yang tak terkontrol, serta puasa/ diet yang kelewat batas.

2. Bau 'ikan' seperti amonia atau urin merupakan tanda adanya gagal ginjal atau liver.

3. Bau 'feses' bisa timbul karena usus besar sedang bermasalah atau karena muntah yang berkepanjangan.

Hal ini bisa di atasi dengan Cara Mengurangi Bau Mulut
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger