Home » » Mencegah Korosi pada aki

Mencegah Korosi pada aki

Aki ( lead acid battery ) adalah suatu alat elektrokimia yang terbentuk dari susunan plat positif ( PbO2  ) dan plat negatif ( Pb ) serta cairan elektrolit ( accu zuur/aki sir ) sebagai media untuk berlangsungnya  proses elektrokimia. Elemen adalah gabungan dari beberapa plat sejenis.
Secara luas aki digunakan untuk melaksanakan fungsi start pada otomotif (mobil, motor, bus), forklift, truk, golfcart, perahu, kapal dan lain-lain.
Aki termasuk type secondary battery ( dapat di cas ulang ) merupakan alat untuk mengkonversi energi kimia menjadi energi listrik melalui proses elektrokimia. Ketika terjadi pembebanan alat listrik pada aki, elektron-elektron mengalir dari terminal negatif  ( anoda ) ke terminal positif ( katoda ). Secara  elektrokimia, proses oksidasi terjadi pada anoda sedangkan pada katoda terjadi proses reduksi.


Aki (Accu) tipe basah masih banyak diaplikasi pada motor yang beredar saat ini. Umumnya, pengguna motor harus mengecek kapasitas air aki setidak 6 bulan sekali untuk mengetahui apakah masih berada dalam batas yang ditentukan, atau harus menambahkan isi airnya.

Tapi ada hal lain yang juga harus diperhatikan para pemilik motor yang menggunakan aki tipe basah, yakni tumpahan air aki. Aki basah dilengkapi lubang pembuangan, dan ini perlu dapat perhatian lebih!

Tumpahan air aki yang tercecer dari selang saluran buang, bisa mengakibatkan korosi. Biasanya, tumpahan air aki melalui slang pembuangan timbul dari hasil penguapan akibat aki dialiri arus listrik.

Kandungan elektrolit yang terdiri dari asam sulfat itulah yang mengakibatkan korosi. Solusi yang bisa ditempuh adalah penambahan slang pembuang sekitar 2 cm sebagai sambungan. Atau alternative terakhir yang gak bikin ribet adalah ganti aki dengan aki kering, karena aki kering tak memiliki lubang pembuangan layaknya aki basah.




Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. indrathelazyman2 - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger